Monday, 8 May 2017

Rangking satu di Google entahlah gak ngerti saya

Artikel ini adalah pengalaman pribadi , pengalaman yang dialami oleh orang lain mungkin saja berbeda , ini berkenaan dengan tips bagaimana caranya untuk menjadi rangking satu untuk kata kunci tertentu di google .
rangking satu di google

Semenjak pertama kali saya mengenal dunia internet marketing , saya selalu membaca banyak artikel entah itu dari artikel gratisan yang ada di google indek maupun tutorial yang saya baca di internet , hampir semua artikel yang saya baca mengatakan bahwa salah satu faktor yang paling dominan untuk menjadi rangking satu di google adalah dengan banyak backlink , untuk itu saya mulai gerilya saya membombardir wesite saya dengan banyak backlink , mulai dari yang saya kerjakan sendiri hingga membanjiri backlink dengan membeli di jasa- jasa seo , dan berikut ini cara - cara yang saya lakukan dalam membombardir website saya dengan backlink :

  1. Foot print backlink finder
  2. Web 2.0 profile
  3. Forum footprint 
  4. Edu blog
  5. Dll
Saya juga membeli software originalnya langsung di luar negri sana , pokoknya saya menghabiskan berjuta - juta uang hanya untuk mencari backlink . Alhasil , kata kunci yang saya target naik turun , saya akui , memang ada peningkatan , dari awalnya entah di peringkat berapa , terus merayap naik menuju ke peringkat ke 1

Ok lah , saya akui memang kata kunci yang saya target berada di rangking pertama , tapi itu tidak bertahan lama , entah google merubah lagi algoritma nya atau bagaimana saya gak tau , tiba - tiba kata kunci yang saya target hilang sama sekali .

Anehnya , saya pernah membuat sebuah artikel dalam website saya , yang mana dalam judulnya saya selipkan keywords yang sayatarget , eh malah dia yang rangking satu , padahal satupun tak pernah saya ngasih backlink pada artikel saya ini 

 Hari -hari terus berlanjut , saya tidak lagi membaca artikel - artikel yang menyesatkan, saya membaca artikel banyaknya dari guidelines langsung dari google , artikel yang saya baca ini semuanya saya baca langsung di antaranya adalah :



Link yang saya tampilakan diatas hanya link ke halaman muka saja , disana banyak link terkait , saya baca semua . Dari semua artikel yang saya baca di artikel google langsung , saya menarik kesimpulan bahwa : BUKAN BACKLINK YANG PALING UTAMA DALAM MENENTUKAN RANGKING

Entah benar entah salah , yang jelas , ini hanya filing aku saja , tapi goole sendiri bilang kalau ada 200 faktor yang menentukan rangking , namun berikut ini saya hanya ngasih secuil saja :


ARTIKEL YANG RAMAH PADA PEMBACA DAN MESIN TELUSUR  

Ramah pada pembaca 

Tujuan dari kita menulis artikel itu kan menuangkan isi otak kita pada sebuah media ( website ) sehingga bisa dibaca oleh orang lain kan , nah sekarang bagaimana bisa di baca orang lain jika kita membuat sebuah artikel jika tulisan kita kacau balau ,

Ramah pada mesin telusur 

Google , yahoo , bing , dll itu semua adalah mesin telusur , untuk google mereka namai googlebot , tugas dari googlebot itu adalah menelusuri semua artikel yang ada di dunia dan menyimpannya ke dalam base camp mereka , googlebot itu tidak akan bisa masuk ke dalam website kita jika tutup pintunya , dalam hal in sering kita sebut ROBOT TXT , Jadi pastikan tidak ada robot yang menghalangi mesin pencari untuk datang ke website kita .


ARTIKEL BERMANFAAT BAGI ORANG LAIN 

Saya berfikir terus , bagaimana artikel yang bermanfaat bagi orang lain itu , saya membuat eksperimen dengan membuat sebuah artikel tandingan dengan kompetitor saya , saya membuat sebuah artikel yang sangat lengkap dan lebih komplet dari kompetitor saya , hasilnya apa ? artikel saya tidak pernah memiliki peringkat yang bagus dari kompetitor saya . Ada faktor lain rupanya yang saya senndiri tidak mengetahuinya . Padahal kalau dilihat dari sudut pandang kebermanfaatannya , saya rasa artikel saya ini lebih bermanfaat dari artikel orang lain yang berada di peringkat  pertama itu .

BOUNCE RATE

Waktu sekolah dulu kalau pelajaran bahasa ingris saya ngumpet di kantin makan bala - bala , makanya saya gak ngerti apa itu bounce rate , pas saya lihat di kamus terjemah bounce rate artinya rasio pentalan , welaah.... bahasa apalagi itu rasio pentalan . rupanya tetangga sebelah ada yang ngasih tau apa itu bouce rate , logikanya begini , kalau kita ada orang lain membuka wesite saya yang didatangkan dari apakah dari hasil penelusuran google maupun dari medsos , setelah orang itu ngebuka website kita , lalu orang ( pembaca ) buru - buru menekan tombol back ( kembali / tutup ) anak panah ke kiri posisinya di laptop kita di pojok kiri atas , itu bisa dipastikan bahwa artikel kita kurang bagus dan tidak menarik bagi orang lain , dan google tau semua itu , lalu apa hubungannya dengan bounce rate , BOUNCE RATE : seberapa lama pembaca website kita itu lama atau betah membac artikel kita ? semakin lama si orang itu membaca artikel kita maka bounce rate kita akan semakin bagus , begitu juga sebaliknya . semakin lama pembaca berada di website kita itu artinya artikel itu bermanfaat bagi orang lain , jadi nyambung kan dengan point yang di atas , apalagi si pembaca berinteraksi dengan website kita seperti misalnya berkomentar , share ke media sosial , dll , wahh itu sangat bagus sekali , itulah kata google


BACKLINK 

Meskipun dari berbagai macam sumber artikel dikatakan bahwa backlink bukanlah hal yang nomer wahid , namun bagi saya backlink never is dead  , entah apa menurut pendapatmu , silahkan saja , tapi bagi saya backlink tetap dibutuhkan . Logikanya bagaimana ?

Dari sumber artikel dari google yang saya baca semuanya berkaitan , " ARTIKEL BERMANFAAT " tujuan utama dari google adalah memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca sehingga pembaca bisa memecahkan masalah yang mereka hadapi , kalau artikel kita tidak bermanfaat bagaimana orang lain akan membaca artikel kita, ini kaitannya dengan " BOUNCE RATE " , kalau orang lain merasa senang dengan artikel kita , dan mereka berinteraksi dengan website kita maka secarasuka rela pembaca akan memberikan backlink ( rujukan ) , seolah - olah pembaca mengatakan begini : Website si fulan itu loh yang bagus dijadikan referensi tentang . Logikanya backlink itu kan begitu ya ...

No comments:

Apa itu mobile friendly