Saturday, 20 May 2017

Saya ingin situs saya ada di hasil penelusuran google

Apakah situs saya ada di google ?

Pertanyaaan yang harus ditanyakan adalah apakah situs saya sudah di indeks oleh google ? itulah pertanyaan yang seharusnya kita tanyakan , kebanyakan dari kita kan sebalaiknya , kapan saya punya rangking di Google , baru juga bikin website , gratisan pula , sudah menanyakan rangking , yah itu itulah aku dulu . Rangking adalah dimana posisi kita dimana disanan ditunjukkan dalam pencarian penelusuran di google . Google mempunyai sebuah robot namanya googlebot , tugasnya adalah menelusuri semua website di seluruh dunia kemudian mengindeknya ( menyimpannya ) Google akan otomatis mendatangi website kita meskipun kita tidak mendaftarnya sekalipun , untuk mengetahui apakah website kita sudah di indeks atau belum , caranya cukup mudah , tinggal ketik : site:domainsaya.com , jika hasilnya website kita yang keluar berarti website kita sudah di-indeks , sebaliknya jika tidak di-indeks maka tampilannya bukan menampilkan website kita .
untuk contohnya silahkan lihat gambar berikut ini :


Ketika saya mengetik : site:khusnanbakhtiar.blogspot.com , maka google akan menampilkan hasil pencariannya yang memuat semua arsip saya yang ada di dalam website khusnanbakhtiar.blogspot 


Situs saya tidak ada di Google, kenapa dan apa yang harus saya lakukan ? 

Meskipun dalam setiap harinya google boot mengunjungi dan mengindeks website di seluruh dunia ini masih saja ada kemungkinan ada website yang terlewati dan tidak terindeks oleh google dan biasanya hal ini dikarekan oleh :


  • Situs anda tidak tersambung dengan baik dari situs lainnya di web. Disisi lain , google menyarankan setiap halaman harus memiliki setidaknya satu link ke dalam ( internal link ) 
  • Website anda masih sangat baru dan Anda baru saja meluncurkan situs baru dan Google belum sempat merayapinya.
  • Desain situs menyulitkan Google merayapi konten secara efektif. Buatlah design yang ramah mesin telusur , atau jangan di blok dengan menggunakan robot.txt
  • Google mendapatkan kesalahan saat mencoba merayapi situs Anda, disini perlu perbaikan 



Bagaimana cara menyertakan situs  saya di Google?

Sudah saya jelaskan diatas bahwa kita tidak perlu repot - repot melakukan sesuatu jika hanya ingin website kita di indeks dalam google , untuk mempelajarinya silahkan kunjungi pedoman seo google , dan pedoman webmaster google , jika anda sudah mematuhinya maka secara otomatis google akan merayapi dan memasukkan ke dalam indeks mereka

Namun jika anda ingin benar-benar melakukan sesuatu secara lebih maka anda bisa mendaftarkan website anda ke google search console, silahkan klik link berikut ini :


Jika langkah yang kita lakukan benar maka nanti akan diperintahkan untuk menverifikasi kepemilikan website kita , ini hanya untuk memastikan bahwa andalah yang benar-benar memilki webiste ini

di google selain menampilkan website kita di hasil penelusuran , juga ditampilkan di peta / dalam google bisnisku , ini nantinya akan mempermudah konsumen menemukan bisnis kita , cara mengikut sertakan bisnis kita di dalam google maps ini perlu di daftarkan ke google bisnisku , dan perlu diverifikasi secara real , nanti google akan mengirimkan kartu pos , dan isinya adalah kode rahasia yang harus kita masukkan ke dalam google bisnisku .


Apakah saya memerlukan seorang pakar / ahli untuk meningkatkan posisi rangking saya di google ?

SEO merupakan langkah - langkah yang perlu kita lakukan agar keyword kita tampil di rangking satu di google atau setidaknya halaman pertama ( page one ) sebab kebanyakan user hanya mengklik semua website yang ada di halaman pertama , sangat jarang orang sampai mengklik website yang tampil di halaman ke dua dan seterusnya . Untuk menampilkannya di page one atau rangking satu perlu keahlian yang dinamakan SEO , Namun google sendiri menyatakan bahwa tidak ada seorangpun yang bisa menjamin untuk meningkatkan rangking pertama di google , untuk meningkatkan rangking di google , google sendiri menggunakan semacam rumus yang dikenal dengan sebutan algoritma , dan tidak ada seorangpun yang tau apa rumusnya tersebut , google hanya memberikan klu seperti ini :


  • Buatlah website yang  bermanfaat, sehingga website tersebut nantinya banyak yang nge-link , banyak yang share , dan banyak di buka orang dalam jangka waktu yang lama ( bounce rate ) 
  • Ada sekitar 200 faktor yang mempengaruhi peringkat . 
Jadi jika anda masih membutuhkan pakar SEO maka sebaiknya anda baca yang berikut ini : Perlukah seorang pakar SEO untuk meningkatkan rangking anda di google ? 





No comments:

Optimasi gambar untuk SEO